Rabu, 18 Juli 2012

Kulit Manggis Menjadi Bahan Tambahan Kue Bolu

Selama ini kulit buah manggis dianggap sebagai limbah yang tidak bermanfaat. Namun empat mahasiswa Politeknik Negeri Bandung yaitu M. Nurfajar, A. Annisa, A. Oktriani dan T. Aldila meningkatkan kemanfaatan ektrak kulit manggis tersebut sebagai bahan tambahan dalam pembuatan bolu.

Melalui inovasi "BoXant : Bolu Xanthone Dari Ekstrak Kulit Manggis Menjadi Makanan Nikmat Berkhasiat" tersebut kemudian mampu mengantarkan keempat mahasiswa dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 25 yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).
kamar-asik.blogspot.com - Tips Memanfaatkan Kulit Manggis Sebagai Bahan Tambahan Kue Bolu

Buah Manggis
Menurut salah satu mahasiswa M. Nurfajar menuturkan bahwa produk inovasi mereka tersebut selain nikmat juga berkhasiat mencegah berbagai macam penyakit karena dalam 'BoXant' mengandung antioksidan yang dibutuhkan tubuh. "Selain itu melalui inovasi yang kami lakukan juga bisa mengubah pandangan masyarakat bahwa kulit manggis hanyalah sebagai limbah. Padahal bisa dimanfaatkan sebagai tambahan membuat kue bolu,"urainya ketika ditemui usai presentasi PIMNAS Rabu (11/7).

Nurfajar menambahkan bahwa dalam kulit manggis trsebut terdapat kandungan kimia yang bernama xanthone. "Xanthone ini terbukti memiliki sifat antioksidan yang sangat tinggi bahkan beberapa kali lebih kuat melebihi kekuatan vitamin C dan E."jelasnya.

Untuk proses pembuatannya, dalam penjelasannya alat maupun bahan yang digunakan seperti untuk membuat bolu biasa. "Menggunakan kompor, panci pengukus, mixer, baskom, baking pan, loyang dan timbangan. Lalu bahan-bahannya yaitu mentega, telur ayam, gula pasir, terigu dan perasa coklat, strawberry, dan keju. Yang membedakan adalah kami menggunakan tepung manggis yang mampu membeikan cita rasa khas."ujarnya.

Melalui upaya memperkenalkan poduk dari ektrak kulit manggis tersebut juga diakui Nurfajar sebagai upaya untuk mengembangkan kemandirian dan jiwa kewirausahaan. "Karena kami kemudian berupaya untuk mengembangkan kualitas produk dalam memanfaatkan kulit manggis tersebut."tambahnya.

Tidak hanya itu saja, usaha mereka tersebut juga dapat menciptakan peluang usaha baru yang berprospek dan berprofit tinggi. Serta juga berperan sebagai produk panganan berizi yang diminati konsumen.
 

Artikel Terkait

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...