Sabtu, 14 Juli 2012

4 Dongeng Pangeran dan Puteri Yang Berakhir Bahagia

Salampaste - Kisah seorang gadis biasa yang dipersunting oleh pangeran dari sebuah kerajaan, begitulah biasanya isi dari dongeng pada umumnya. Dongeng-dongeng Eropa kerap menyuguhkan kisah-kisah romantis seorang puteri yang berbahagia dengan sang pangeran di akhir cerita.
Berikut adalah 4 kisah happy ending dari dongeng-dongeng terlaris dunia, tentang puteri dan pangeran, Apa saja itu? Mari kita simak bersama...
1. Cinderella
cinderella
Dongeng tradisional yang berawal dari China ini menceritakan tentang seorang gadis yang tinggal bersama ibu tiri dan kakak tirinya yang jahat. Sepeninggal ayahnya ia, tinggal bersama ibu dan saudara tirinya saja. Setiap hari ia disiksa, disuruh melakukan semua pekerjaan rumah tangga. Namun, Cinderella tetap percaya bahwa suatu hari ia akan hidup bahagia.
Suatu ketika, seorang pangeran mengadakan sebuah pesta dansa besar di istana untuk mencari permaisuri. Malangnya, Cinderella tidak diijinkan untuk ikut. Tetapi, Ibu Peri datang dan menolongnya. Cinderella pun disulap menjadi seorang putri cantik. Di istana, sang pangeran jatuh cinta pada Cinderella, lalu mengajaknya berdansa.
Cinderella larut dalam kebahagiaan, dan lupa bahwa ia tak boleh pulang lebih dari jam 12 malam. Semua sihir Ibu Peri akan berakhir saat jam menunjukkan tepat pukul 12 malam. Denting lonceng pukul 12 terdengar, dan Cinderella berlari. Tak terasa, sebelah sepatu kacanya terlepas dan tercecer di tangga istana. Sang pangeran memungutnya, dan mengumumkan bahwa siapa yang kakinya pas dengan sepatu itu, siapapun dia, akan dia jadikan istri.
Namun, sepatu itu tidak pas di kaki siapapun yang mencobanya, termasuk 2 kakak tiri Cinderella. Cinderella lalu ikut mencoba, dan kakinya pas. Ia juga mempunyai pasangan dari sepatu kaca itu. Maka terbukti bahwa Cinderella adalah gadis yang pada malam itu berdansa bersama pangeran. Cinderella akhirnya menikah dengan Pangeran dan hidup bahagia selamanya.
2. Sleeping Beauty
sleeping beauty
Kisah tentang raja dan permaisuri yang belum dikaruniai keturunan. Setiap hari mereka selalu berdoa agar dikaruniai seorang anak. Akhirnya, doa Raja dan permaisuri dikabulkan. Setelah 9 bulan mengandung, permaisuri melahirkan seorang anak wanita yang cantik. Raja sangat bahagia, ia mengadakan pesta dan mengundang kerajaan sahabat serta seluruh rakyatnya.
Diundanglah 7 penyihir hebat untuk memberi doa-doa baik bagi sang anak. Penyihir pertama sampai keenam sudah mengeluarkan doa mereka. Saat penyihir ketujuh akan mengucap doa, tiba-tiba datang penyihir jahat yang marah karena tidak diundang dalam pesta kelahiran itu. Ia pun lantas mengutuk putri raja akan mati terkena jarum peminta benang.
Untung saja, masih ada penyihir ketujuh yang bisa meringankan kutukan sang penyihir jahat. Ia berdoa bahwa sang putri tidak akan mati jika terkena jarum pemintal. Putri hanya akan tidur selama 100 tahun. Ia akan bangun lagu setelah ada pangeran yang datang. Setelah itu, raja dan permaisuri pun semakin protektif terhadap sang putri.
Namun kutukan tak bisa dihindarkan. Pada usianya yang beranjak remaja, sang putri dijebak oleh penyihir jahat. Ia pun terpancing menyentuh jarum pemintal benang. Maka tidurlah ia hingga sang pangeran datang. Pangeran mencium pipi sang putri, dan pada saat itu juga, hilanglah kutukan sang Putri. Mereka pun akhirnya menikah dan hidup berbahagia.
3. Beauty and the Beast
beauty and the beast
Kisah ini tentang seorang pangeran yang dikutuk jadi jelek karena ia tidak mau berbaik hati pada sesamanya. Tak hanya dia, pelayan-pelayan di istananya pun dikutuk menjadi perabotan rumah tangga, sehingga hiduplah mereka di istana, dalam kehampaan. Dikatakan oleh peri yang mengutuk mereka, bahwa masing-masing bisa kembali menjadi manusia bila Beast berhasil merebut hati seorang wanita.
Adalah seorang gadis, anak seorang penemu, yang mendapati kuda ayahnya pulang sendirian. Ia pun tahu bahwa ayahnya tengah dalam bahaya. Ternyata ayahnya yang tersesat di hutan dan diserang serigala, lari berlindung ke istana Beast. Namun sayang, Beast terlanjur marah besar dan mengurung ayah gadis cantik itu. Dan gadis cantik itu datang untuk menukar dirinya menjadi tawanan.
Selama jadi tawanan, awalnya hubungan antara gadis cantik dan Beast tidak baik. Hingga pada suatu ketika, si cantik yang ingin melarikan diri dari istana, diserang serigala di tengah hutan. Beast pun datang menolongnya. Gadis cantik itu pun mengurungkan niatnya untuk melarikan diri. Ia akhirnya merawat Beast yang terluka karena menyelamatkannya.
Hubungan mereka pun membaik. Beast memberi sang gadis banyak sekali hadiah. Gadis cantik pun akhirnya luluh karena kebaikan Beast. Beast yang sudah lebih dulu jatuh cinta pada si cantik itu akhirnya berhasil memikat hatinya. Beast dan pelayan-pelayannya pun akhirnya berubah menjadi manusia seperti semula. Beast senang, lalu mempersunting sang gadis, dan hidup bahagia.
4. Snow White
snow white
Alkisah seorang putri muda yang tinggal di istana bersama ibu tirinya. Snow White memiliki suara yang merdu. Diperlakukan buruk oleh ibu tirinya, Snow White tetap ceria. Ketika sedang menimba di sumur sambil bernyanyi, Snow White didatangi seorang pangeran. Sang Pangeran ikut bernyanyi dan Snow White jadi malu. Pangeran menyanyi lagu cinta, dan sejak itu, ia jatuh cinta pada pangeran.
Ibu tirinya tidak senang Snow White menjadi gadis tercantik. Dia pun ingin membunuh Snow White. Snow White lalu dibawa ke hutan oleh pemburu. Di hutan, Snow White bertemu seekor burung kecil yang kehilangan orangtuanya. Pemburu yang hendak membunuh Snow White tidak tega melaksanakan perintah sang ratu. Dia pun menyuruh Snow White kabur.
Snow White berlari ke dalam hutan. Dia ketakutan, terjatuh dan menangis. Namun binatang-binatang hutan datang dan menghiburnya. Dia kemudian dibawa para binatang ke pondok kurcaci. Menemukan rumah kurcaci kotor, Snow White berinisiatif untuk membersihkannya. Karena kelelahan, Snow White tertidur. Saat terbangun, Snow White berteman baik dengan para kurcaci.
Ketika ketujuh kurcaci pergi menambang permata, ibu tiri yang telah berubah wujud melalui ramuan menjadi nenek tua datang ke pondok kurcaci. Ia menipu Snow White yang sedang membuat kue pai. Katanya, kalau Snow White memakan apel pemberiannya sambil mengucapkan harapannya, harapan Snow White akan terkabul. Snow White memakan apel itu, dan ia malah jatuh tak sadarkan diri.
Snow White yang makan apel beracun tidak terselamatkan. Dia akhirnya diletakkan di dalam peti kaca. Pada musim semi, pangeran yang mendengar kabar tentang meninggalnya Snow White, mencari dan berhasil menemukannya. Dia mencium Snow White dan Snow White pun terbangun. Pangeran dan Snow White pergi menuju istana dan hidup bahagia.
Sumber : Kapanlagi.com

Artikel Terkait

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...